Senin, 14 Januari 2013

JATIM - WISATA ALAM

GUNUNG BANYAK - PARALAYANG


Gunung Banyak, adalah salah satu gunung yang terletak di Desa Songgokerto, Batu. Gunung ini menjadi tujuan wisata yang istimewa karena dijadikan sebagai ajar olah raga paralayang baik oleh atlet paralayang ataupun turis yang ingin menguji adrenalin mereka sembari menikmati indahnya Kota Batu.
Gunung Banyak, dengan tinggi 1300 Meter dpl ini terletak di perbatasan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Ribuan pijar lampu kota yang berwarna-warni akan menjadi sajian keindahan pada malam hari saat mengunjungi puncak gunung Banyak. http://www.eastjava.com/tourism/batu/ina/mount-banyak.html 

PETIRTAAN JOLOTUNDO - G.PENANGGUNGAN

Petirtaan Jolotundo, adalah sebuah bangunan masa lampau yang dulu merupakan pemandian atau kolam yang dibuat pada masa kerajaan Majapahit. Petirtaan Jolotundo terletak di desa Seloliman, Trawas, Kabupaten Mojokerto, tepatnya terletak di lereng Gunung Bekal, yaitu salah satu puncak Gunung Penanggungan. Petirtaan Jolotundo memiliki panjang 16,85 M, lebar 13,52 M dan kedalaman 5,20 M dengan material utama dari batu andesit.
Menurut sejarahnya, petirtaan ini merupakan kolam cinta yang dibangun oleh Udhayana, raja Bali, yang menikah dengan putri Guna Priya Dharma dari Jawa. Dari perkawinan tersebut lahirlah Airlangga pada 991 M. Lalu pada tahun 997 M, raja Udhayan membangun kolam ini, sesuai dengan angka yang tertera di dinding kolam, yang disiapkan untuk menyambut kelahiran putra Airlangga.
saat ini kolam ini bisa dikunjungi siapa saja, sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. selain dari nilai histori yang ada pertitaan Jolotundo ini semakin unik karena memiliki debit air yang tak pernah kering, walaupun disaat musim kemarau. Memiliki kandungan mineral yang tinggi, membuat air dalam kolam Jolotundo dinyatakan sebagai air terbaik di dunia setelah zam-zam.
Sedangkan, untuk Petirtaan Belahan, lebih dikenal dengan candi Belahan adalah sebuah pemandian bersejarah dari abad ke 11, di masa kerajaan Airlangga. Petirtaan Belahan terletak di sisi timur gunung Penanggungan, tepatnya di Dusun Belahan Jowo, Wonosunyo, Kecamatan Gempol. Menurut sejarah, selain sebagai tempat pertapaan Prabu Airlangga, petirtaan ini juga di fungsikan sebagai pemandian selir-selir Prabu Airlangga. Oleh karena itu, sebagai bentuk pengabdian dibangunlah 2 patung permaisuri Prabu Airlanga, yaitu Dewi Laksmi dan Dewi Sri. Pada dua patung tersebut, mengalir aliran air dari bentuk Payudara patung, dan karenanya petirtaan ini terkadang di sebut sebagai Sumber Tetek (Tetek : Payudara, Jawa). http://www.eastjava.com/books/glorious/ina/jolotundo.html 
TAMAN DAYU

Taman Dayu merupakan salah satu perumahan yang terletak di PandaanIndonesia. Di dalam kompleks perumahan ini terdapat Taman Dayu Golf Club yang didesain dan disupervisi oleh Jack Nicklaus. Pada tahun 2005 lapangan golf ini mendapatkan predikat dari majalah Golf Digest sebagai "The Best Golf Course in Asia" dan mendapatkan peringkat ke-50 sebagai lapangan golf terbaik di luar US
Perumahan ini terletak di Jl. Raya Surabaya-Malang km. 48 dan dikembangkan oleh Ciputra Group. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas resort berbintang seperti Boutique Hotel The Taman Dayu ClubThe Taman Dayu Waterpark, The Pines Outbond & Camping Ground, Food Terace, Food Veranda.
Resort ini sangat dekat dengan wilayah Surabaya 50 KM dan Malang 35 KM. http://www.thetamandayu.com/  
PEMANDIAN AIR PANAS CANGAR

Cangar merupakan salah satu nama Dusun di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dusun ini menjadi lebih terkenal dengan sebutan Pemandian Air Panas Cangar.
Cangar terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo dan banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati hangatnya sumber alami air panasnya. Selain itu, di sekitar pemandian air panas terdapat beberapa goa buatan yang merupakan peninggalan di masa kedudukan Jepang, pada tahun 1942-1945.
Tidak hanya bisa menikmati hangatnya air panas di pemandian Cangar dan goa Jepang, di kawasan ini pula para pengunjung bisa mengunjungi Coban Talun dan Coban Rais. Di tambah lagi, akan banyak di jumpai satwa liar yang seperti monyet melompat dan berlarian tanpa akan mengganggu kenyamanan. http://www.eastjava.com/tourism/batu/ina/cangar.html 
CUBAN RONDO 
Wisata Malang - Air Terjun Coban Rondo juga merupakan salah satu obyek wana wisata yang dimiliki di Kabupaten Malang. Terletak ± 12 km dari Kota Batu, atau tepatnya di Desa Pandansari Kec. Pujon. Kawasan Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh. Jalan masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan wisatawan apabila ingin mengunjungi obyek wana wisata ini
Air terjun Cobanrondo memiliki ketinggian 84 meter, berada pada ketinggian 1135 meter dari permukaan air laut, tepatnya didesa Pandesari Kecamatan Pujon, kabupaten malang. Air yang mengalir berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Objek wisata ini pertamakali dibangun pada tahun 1980 dan merupakan bagian dari wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang. Dari data statistik yang ada, air terjun Cobanrondo memiliki debit air 150 liter/detik, sedangkan pada musim kemarau hanya 90 liter/detik. Selain untuk tujuan wisata, air terjun Cobanrondo juga digunakan untuk pengelolaan air minum melalui PDAM untuk masayrakat Kecamatan PujonSelain wisata air terjun, wana wisata coban rondo juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Pada musim ospek maka bumi perkemahan di coban rondo ini sering penuh. 
 http://wisatamalang.com/jatim/wisata-alam/232-coban-rondo-pelangi-a-talun.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar